Ban Baru Bridgestone, Bawa Masalah Baru di Honda


Ban baru yang dipasok Bridgestone di ajang balap MotoGP untuk segera dilakukan pengetesan intensif di Sirkuit Catalunya, Spanyol pada Senin (4/6) kemarin, ternyata justru membawa masalah baru bagi tim Repsol Honda. Kedua pembalapnya mengalami getar yang bertambah parah pada motornya.

Jika saat menggunakan ban tipe lama mereka hanya menderita getar pada bagian belakang, sekarang bagian depannya pun mulai bergetar hebat dan diklaim sangat tidak aman bagi kedua pembalapnya. Hal ini langsung dikeluhkan oleh Dani Pedrosa usai melakukan sesi latihan.

“Sebelumnya kami mempunyai masalah getar berlebih pada bagian belakang motor. Nah sekarang saat menggunakan ban tipe terbaru dari Bridgestone, bagian depan motor pun sudah mengalami masalah getar berlebih. Ya kami pasti akan berupaya sekuat tenaga untuk membuatnya bisa lebih baik, namun rasany aini sangat tidak adil,” kecam Pedrosa.

“Alasan mereka mengganti tipe ban musim 2012, karena alasan keamanan. Namun bagi kami sekarang justru jadi tidak aman. Apalagi kami membalap dengan batas maksimal setiap lap. Makanya kami putuskan untuk tidak ikut serta di sesi tes MotoGP Aragon (6/6) karena tidak ada tipe ban lain yang bisa kami tes selain yang menimbulkan masalah itu,” kesal pembalap berbadan mungil itu.

Tidak berbeda dengan Pedrosa, rekan setimnya yaitu Casey Stoner juga menganggap bahwa penggunaan ban Bridgestone yang baru membawa masalah baru di motor mereka. “Kami memang tidak menyukai karakter ban depan yang baru dari Bridgestone, tapi kami akan bekerja keras membuat motor bekerja pada ban tersebut,” timpal Stoner.

Semoga tim Honda bisa cepat menyesuaikan diri dengan karakter ban tersebut. Sebab jika Yamaha mampu mendominasi musim 2012, maka para pembalap Honda takkan bisa berbuat banyak untuk membawa menghalangi mereka. Apalagi itm satelit Yamaha juga terlihat sangat konsisten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar