Byson sajikan kaki kekar dengan handling mantap
|
X-Road tawarkan fitur menarik dengan harga terjangkau |
V-Ixion unggul di teknologi dan performa mesin | New Mega Pro tampil elegan, kaki nyaman dan tarikan mesin padat |
Sebut saja Brandon, dia lagi bingung beli motor sport naked 150
cc, dirinya lagi tertarik banget sama Minerva X-Road 150S. Tapi di
pikirannya masih ada pilihan lain yang sekelas, ada Yamaha V-Ixion dan
Byson juga Honda New Mega Pro (NMP).
Nah biar Brandon enggak bingung, nih Mr. Testo & Team bantu kupas kelebihan masing-masing. Pastinya dari desain, fitur & teknologi, performa & handling, konsumsi bensin dan tentu saja harga. Mau tahu? Yuk temeni Brandon memilih! • Aant
Desain
Bicara desain, jelas banget kalau X-Road dan Byson menawarkan tampilan yang gagah ala street fighter. Kaki-kaki kekar dengan ban lebar serta setang baplang, yang bikin rider terlihat cool kala mengendarai.
Gimana dengan NMP? Wah kalau
garapan Honda ini kental nuansa elegan dan futuristik. Posisi duduk
paling santai di antara lainnya. Nah untuk V-Ixion menyajikan desain
sport modern dengan sasis deltabox, seperti yang dianut moge masa kini.
Fitur & Teknologi
Fitur yang diunggulkan X-Road di antaranya active running day light, spidometer digital dan mesin yang dilengkapi oil cooler. Kedua roda pakai rem cakram. Pada Byson juga pakai spido digital, mesin dengan roller rocker arm dan TPS di karburator. Tapi rem belakang teromol.
Pada NMP selain roller rocker arm, CDI-nya mengusung 12 map dengan trigger
TPS di karbu. Spidometer pun sudah digital dengan bonus jam. Keamanan
paling unggul dengan adanya pengaman magnet di kontak. Kedua roda
dikawal rem cakram, kecuali yang tipe SW.
Keunggulan V-Ixion dibanding yang lain pasti di sistem injeksi. Kemudian pakai 4 klep dengan roller rocker arm. Piston tipe forged berpasangan silinder DiASil dan pakai radiator. Sayang spido masih analog dan rem belakang teromol.
Handling & Performa
Kaki-kaki Byson paling kekar dengan bottom sok depan 41 mm. Tak heran handling paling mantap. Sedang X-Road yang pakai ukuran pelek dan ban sama, cukup lumayan cuma rebound terlalu cepat. Performa mesin keduanya mirip, smooth!
NMP menyajikan handling yang mantap, tapi istimewanya juga empuk. Travel
sok depan termasuk paling panjang, dengan per monosok ganda. Performa
mesin padat sejak rpm rendah, enak untuk selap-selip dan turing.
Handling
V-Ixion lumayan, keunggulan jelas performa mesin yang teriak cepat di
atas 7 ribu rpm. Tak heran akselerasinya paling cepat. Untuk data
lengkapnya amati tabel ya.
Konsumsi Bensin
Pakai
Shell Super dan diajak jalan harian, artinya kecepatan bervariasi
tergantung kondisi jalan, keempatnya menunjukkan konsumsi bensin yang
berbeda. V-Ixion dengan teknologi injeksi ternyata masih teririt.
Lengkapnya juga di tabel ya!
Harga
Salah
satu faktor penentu pasti isi dompet Brandon. Nah jika diamati ternyata
X-Road paling terjangkau sedang V-Ixion dengan segala keunggulannya
paling mahal. Jadi pilih mana?
Yamaha V-Ixion : Rp 21,5 juta |
Yamaha Byson : Rp 20,8 juta |
Honda New Mega Pro : Rp 19,6 juta (CW) Rp 18,4 juta (SW) |
Minerva X-Road 150S : Rp 14,95 juta |
*semua OTR Jakarta |
Data Performa
V-Ixion | NMP | Byson | X-Road | |
0-60 km/jam | 4,6 dtk | 5 dtk | 6 dtk | 6 dtk |
0-80 km/jam | 8,1 dtk | 8,6 dtk | 11 dtk | 11 dtk |
0-100 km/jam | 16 dtk | 17 dtk | 32 dtk | 29,7 dtk |
0-100 m | 7,4 dtk | 7,6 dtk | 7,8 dtk | 8 dtk |
0-201 m | 11,6 dtk | 12 dtk | 12,5 dtk | 12 dtk |
0-402 m | 18,9 dtk | 19,4 dtk | 21,5 dtk | 21 dtk |
Top speed | 120 km/jam | 120 km/jam | 105 km/jam | 108 km/jam |
Konsumsi bensin | 43 km/lt | 38 km/lt | 36,7 km/lt | 36 km/lt |
Catatan: Data tes diambil menggunakan alat ukur Racelogic buatan Inggris. Berat tester 65 kg, tinggi 173, tes dilakukan 5 kali run, diambil hasil terbaik. Motor yang dites benar-benar standar (pada kondisi standar pengetesan yang sama).
mending x road 150s atau byson yg terbaru mas?
BalasHapus