Valentino Rossi Akan Pensiun Dari MotoGP

Pebalap Ducati Valentino Rossi menyatakan akan pensiun dari lintasan sirkuit MotoGP di akhir musim ini. Juara dunia sembilan kali yang bisa dikatakan sebagai pebalap besar dalam sejarah balap MotoGP, mengutarakan hal itu kepada orang terdekatnya.



Menurut berita yang dilansir dari Telegraph, Selasa (8/5), orang yang dikabari Rossi akan niat pensiunnya adalah sang ayah, Graziano, dan manajernya, Davide Brivio. Keputusan tersebut dimungkinkan akibat pengaruh performanya yang semakin menurun di sirkuit balap.

Sebelumnya, pernah tersiar kabar bahwa Rossi hanya akan keluar dari Ducati karena kontraknya selesai di akhir tahun 2012. Ia masih belum menandatangani kontrak baru, yang menyebabkan banyak spekulasi berkembang bahwa Rossi akan bergabung kembali dengan Yamaha, ataupun ke Honda.

Rossi mengalami penurunan performa dalam 18 bulan sejak berkerjasama dengan Ducati. Padahal, bergabungnya Rossi ke Ducati digadang-gadang sebagai 'pernikahan' superstar global di dunia balap. Rossi memiliki skill yang baik dalam melaju di lintasan, dan Ducati di mata dunia merupakan merek terkenal asal Italia.

Pada lintasan Estoril, pekan lalu, 'the Doctor' berada di peringkat sembilan. Ini merupakan tanda kesekian kalinya bahwa harapan besar dari 'pernikahan' itu sudah jatuh.

Sebagai seorang olahragawan dengan profil paling tinggi di planet ini, pemasaran Rossi tetap setinggi sebelumnya. Ia tidak mungkin untuk pergi sebelum dua balapan di Laguna Seca Amerika pada bulan Juli, dan Indianapolis pada bulan Agustus. Kemudian ada San Marino dan kesempatan untuk berlomba sekali lagi di Misano. Pada saat itu hanya beberapa bulan hingga akhir musim.

Klasemen MotoGP yang sudah digelar tiga kali sepanjang tahun 2012 ini masih dikuasai oleh Casey Stoner. Ia memenangkan dua kejuaraan di sirkuit Jerez (Spanyol) dan Estoril (Portugal). Sedangkan diurutan kedua ditempati oleh Jorge Lorenzo yang menjadi juara di sirkuit Losail (Qatar). Valentine Rossi sendiri berada di urutan sembilan dengan 22 poin, tertinggal jauh dari Stoner yang sudah mengumpulkan 66 poin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar