Selama kuartal I 2012,
Yamaha menguasai penjualan sepeda motor sport di pasar domestik. "Total
pasar motor sport pada kuartal I tahun ini mencapai 241.421 unit.
Sedangkan penjualan motor sport Yamaha mencapai 139.583 unit dan meraup
pangsa pasar 57,8 persen," kata General Manager Pemasaran dan Motorsport
Yamaha Indonesia, Eko Prabowo, di Jakarta, Kamis.
Menurut Eko, dominasi Yamaha pada segmen sport didorong oleh stabilnya pertumbuhan penjualan Yamaha V-Ixion. "Model ini paling laris pada kelas sport dan penjualan Yamaha V-Ixion pada April meningkat 10 persen dari dari 22.886 unit pada Maret menjadi 25.097 unit. Selain V-Ixion, Yamaha Byson berkontribusi 11.975 unit dan Scorpio 1.111 unit," paparnya.
Lebih lanjut Eko menyebutkan bahwa kontribusi V-Ixion mencapai 88.221 unit atau 63,2 persen dari total penjualan Yamaha, sedangkan Byson 47.200 unit (33,8 persen) dan Scorpio 4.720 unit (3 persen).
"Persaingan pada segmen motor sport tidak terlalu ketat karena kami terus mendominasi pasar. Namun, keadaan ini tidak akan membuat kami lengah sehingga kami terus berupaya mendorong peningkatan layanan purna jual," tuturnya.
Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), total pasar motor sport selama kuartal I mencapai 241.421 unit. Penjualan Yamaha mencapai 139.583 unit dan posisi kedua ditempati Honda dengan total penjualan 58.892 unit, sementara di tempat ketiga diraih Kawasaki sebesar 38.003 unit, Suzuki 4.013 unit dan TVS hanya mengantongi 930 unit.
Sementara itu, distribusi pasar motor sport pada April justru merosot 11,53 persen dibandingkan dengan Maret dari 67.527 unit menjadi 59.743 unit. Penurunan terbesar dialami Suzuki, yakni sebesar 65,1 persen dari 2.160 unit pada Maret menjadi hanya 745 unit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar