Yamaha Byson tampil dengan sosok yang gahar dengan bodi besar dan
berotot. Tapi sayangnya enggak diimbangi dengan power mesin, pasalnya
motor sport 150 cc ini dikenal dengan tarikannya yang smooth. Perlu
di-matchingin, nih antara tampilan dengan tarikannya.
Nah, kebetulan OTOMOTIF menemukan beberapa bengkel yang menawarkan doping alias pilihan upgrade performa Yamaha Byson. Supaya enggak bikin kantong jebol, budget dibatasi mulai Rp 1,5 sampai 2 juta. Pilihannya beragam, ada yang menawarkan peningkatan kapasitas mesin sampai yang banyak mengandalkan part plug and play (PnP).
Semuanya menjanjikan performa mesin yang lebih baik dari standarnya. Nah, apa saja ya pilihannya? Ini dia.
STD 4 Speed (081284803614)
Di bengkel yang terkenal piawai mengoprek mesin Yamaha Byson ini menawarkan upgrade dengan banyak menggunakan part PnP. Hanya saja part-part tersebut merupakan hasil riset dan racikannya sendiri. Soalnya Romi Rozet, selaku owner bengkel sudah melakukan banyak riset di motor konsumennya.
“Pakai part-part ini juga jadi lebih cepat proses pengerjaannya dan enggak banyak yang diubah dari standarnya,” katanya dari markasnya di Jl. H. Asmawi No. 71a, Beji, Depok. Part yang ditawarkan tadi ada piston berdiameter 58 sampai 61 mm, kampas dan per kopling, noken as, per klep dan jetting karburator.
“Khusus untuk piston, sudah aplikasi yang model jenong, jadi kompresi lebih padat,” kata Romi yang menyebut paket upgrade non bore-up untuk penggunaan part di atas. Oh iya, proses pengerjaan 1 sampai 2 hari saja. “Biasa yang lama di tukang bubutnya,” timpal Romi.
Ultraspeed Racing (021-7313886)
Bengkel yang memiliki mesin dyno ini menawarkan upgrade Yamaha Byson dengan proses yang cukup simpel tapi mampu mendongkrak tenaga hingga 4 sampai 5 dk. Wah, lumayan juga ya peningkatan tenaganya. By the way diapain saja ya tuh mesinnya? Amankah buat penggunaan harian?
Pastinya sangat aman dong, bahkan buat yang suka turing jauh masih aman kok. “Yang kita berikan ada noken as 4speed, porting-polish, knalpot WRX, jetting pilot dan main jet,” urai Muh. Supriyadi, kepala mekanik Ultraspeed Racing.
Hebatnya, Anda enggak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan tenaga motor sesuai keinginan di bengkel yang berlokasi di Jl. Dr. Ciptomangun Kusumo No. 42, Ciledug, Tangerang ini. “Proses pengerjaannya satu hari juga sudah selesai, asal datang dari pagi ya,” kata Coky sapaannya.
Jaw’s Speed (0815-86084063)
Mau meningkatkan kapasitas mesin alias bore-up? Anda bisa sambangi Jaw’s Speed yang dikomandoi Heri Prasetyawan. Di bengkel rumahan ini volume ruang bakar Yamaha Byson akan membengkak jadi 183 cc menggunakan piston milik Honda Tiger berdiameter 63,5 mm.
“Untuk penggunaan harian cukup sampai 180 cc saja, enggak perlu terlalu ekstrem,” kata Wawan sapaannya. Dalam paket yang ditawarkan selain piston Honda Tiger, Anda juga mendapatkan karburator Keihin PWL 28, CDI BRT dan jetting karburator. Proses pengerjaan memakan waktu hingga 4 hari.
Disarankan untuk mengecilkan (memperberat) perbandingan gir rantai setelah bore-up. Jika standarnya pakai 14-40, bisa dikecilkan jadi 14-39 atau 15-40. “Supaya mesin enggak cepat teriak karena power yang lebih besar. Juga nafas mesin lebih panjang,” terang pria yang beralamat di Jl. Rawa Pule 1, Wisma Sobing, Beji-Depok ini.
Nah, kebetulan OTOMOTIF menemukan beberapa bengkel yang menawarkan doping alias pilihan upgrade performa Yamaha Byson. Supaya enggak bikin kantong jebol, budget dibatasi mulai Rp 1,5 sampai 2 juta. Pilihannya beragam, ada yang menawarkan peningkatan kapasitas mesin sampai yang banyak mengandalkan part plug and play (PnP).
Semuanya menjanjikan performa mesin yang lebih baik dari standarnya. Nah, apa saja ya pilihannya? Ini dia.
STD 4 Speed (081284803614)
Di bengkel yang terkenal piawai mengoprek mesin Yamaha Byson ini menawarkan upgrade dengan banyak menggunakan part PnP. Hanya saja part-part tersebut merupakan hasil riset dan racikannya sendiri. Soalnya Romi Rozet, selaku owner bengkel sudah melakukan banyak riset di motor konsumennya.
“Pakai part-part ini juga jadi lebih cepat proses pengerjaannya dan enggak banyak yang diubah dari standarnya,” katanya dari markasnya di Jl. H. Asmawi No. 71a, Beji, Depok. Part yang ditawarkan tadi ada piston berdiameter 58 sampai 61 mm, kampas dan per kopling, noken as, per klep dan jetting karburator.
“Khusus untuk piston, sudah aplikasi yang model jenong, jadi kompresi lebih padat,” kata Romi yang menyebut paket upgrade non bore-up untuk penggunaan part di atas. Oh iya, proses pengerjaan 1 sampai 2 hari saja. “Biasa yang lama di tukang bubutnya,” timpal Romi.
Ultraspeed Racing (021-7313886)
Bengkel yang memiliki mesin dyno ini menawarkan upgrade Yamaha Byson dengan proses yang cukup simpel tapi mampu mendongkrak tenaga hingga 4 sampai 5 dk. Wah, lumayan juga ya peningkatan tenaganya. By the way diapain saja ya tuh mesinnya? Amankah buat penggunaan harian?
Pastinya sangat aman dong, bahkan buat yang suka turing jauh masih aman kok. “Yang kita berikan ada noken as 4speed, porting-polish, knalpot WRX, jetting pilot dan main jet,” urai Muh. Supriyadi, kepala mekanik Ultraspeed Racing.
Hebatnya, Anda enggak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan tenaga motor sesuai keinginan di bengkel yang berlokasi di Jl. Dr. Ciptomangun Kusumo No. 42, Ciledug, Tangerang ini. “Proses pengerjaannya satu hari juga sudah selesai, asal datang dari pagi ya,” kata Coky sapaannya.
Jaw’s Speed (0815-86084063)
Mau meningkatkan kapasitas mesin alias bore-up? Anda bisa sambangi Jaw’s Speed yang dikomandoi Heri Prasetyawan. Di bengkel rumahan ini volume ruang bakar Yamaha Byson akan membengkak jadi 183 cc menggunakan piston milik Honda Tiger berdiameter 63,5 mm.
“Untuk penggunaan harian cukup sampai 180 cc saja, enggak perlu terlalu ekstrem,” kata Wawan sapaannya. Dalam paket yang ditawarkan selain piston Honda Tiger, Anda juga mendapatkan karburator Keihin PWL 28, CDI BRT dan jetting karburator. Proses pengerjaan memakan waktu hingga 4 hari.
Disarankan untuk mengecilkan (memperberat) perbandingan gir rantai setelah bore-up. Jika standarnya pakai 14-40, bisa dikecilkan jadi 14-39 atau 15-40. “Supaya mesin enggak cepat teriak karena power yang lebih besar. Juga nafas mesin lebih panjang,” terang pria yang beralamat di Jl. Rawa Pule 1, Wisma Sobing, Beji-Depok ini.
Std 4 Speed | |
Piston set | Rp 300 ribu |
Kampas dan per kopling | Rp 300 ribu |
Noken as | Rp 400 ribu |
Per klep | Rp 250 ribu |
Jetting karburator | Rp 150 ribu |
Ongkos pengerjaan | Rp 150 ribu |
Total biaya | Rp 1,6 juta |
Ultraspeed Racing | |
Noken as 4speed | Rp 450 ribu |
Porting-polish | Rp 250 ribu |
Knalpot WRX | Rp 800 ribu |
Pilot dan main jet | Rp 50 ribu |
Ongkos pengerjaan | Rp 150 ribu |
Total biaya | Rp 1,7 juta |
Jaw’s Speed | |
Piston + boring | Rp 450 ribu |
Karburator | Rp 500 ribu |
CDI BRT | Rp 550 ribu |
Jetting karburator | Rp 50 ribu |
Ongkos pengerjaan | Rp 200 ribu |
Total biaya | Rp 1,75 juta |
per klep pake apa gan?
BalasHapusper klep pake apa gan?
BalasHapus