Ada dua hal baru yang diwajibkan komisi keselamatan MotoGP untuk 2012
ini, pertama wajib pakai lampu belakang saat hujan, tentu agar
kelihatan. Kedua wajib pakai brake lever guard, yaitu pelindung handel rem.
Penggunaan brake lever guard mengambil
pengalaman jatuhnya Sete Gibernau beberapa tahun lalu saat di Ducati,
juga Alvaro Bautista tahun lalu saat masih di Suzuki. Mereka jatuh bukan
karena kesalahan diri sendiri, melainkan handel rem tertekan hingga stoppie secara tak sengaja oleh pembalap lain, saat berebut masuk tikungan pertama selepas start.
Nah
jika diterapkan di motor jalan raya, fungsinya sama melindungi handel
rem dari pengendara lain. Apalagi jika melihat kondisi lalu-lintas di
kota yang semakin padat merayap. Kan koyol kalau jatuh di tengah
kemacetan cuma lantaran kesenggol handel remnya.
Mau coba ikutan pasang? Cara mudah banget loh. Pertama siapin deh
barangnya. Kalau mau eksklusif bisa ambil merek yang sama dengan yang
dipakai di MotoGP, Rizoma. Namun ya itu harganya tergolong mahal.
Berapa? Coba deh langsung sambangi penjualnya, seperti Aerospeed 74 di Jl. H. Nawi No. 74, Jaksel.
Mau lebih terjangkau? Pakai KTC yang dijajakan ‘hanya’ Rp 575 ribu (gbr.1). “Dapat sepasang, bisa untuk pelindung handel kopling juga. Juga pengganti bandul setang, beratnya mirip kok,” papar Steven Lay, dari Layz Motor di Jl. Pesanggrahan No. 8 Jakbar.
Sekarang
tinggal lepas bandul setang, caranya tergantung modelnya. Kalau masih
standar pakai kunci L-5. Jika sudah ganti model plastik seperti pada
ER-6n yang untuk praktik ini tinggal ditarik. Kemudian ambil brake lever guard-nya, masukkan deh ujungnya ke setang.
“Pakai L-5 kencangkan bautnya hingga kuat (gbr.2),”
ujar Jupri Leksanadi, mekanik Layz Motor. Jika ujung pelindungnya
kurang pas, panjangnya bisa diatur cukup dengan mengendurkan dua baut di
bagian bawah pakai L-2 (gbr.3).
Beres deh, lebih aksi dan aman!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar