Berdasarkan data penjualan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) di pasar sepeda motor domestik, total penjualan skutik pada Januari sampai Maret tercatat 1.054.103 unit atau tumbuh 9,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 962.328 unit. Pada kuartal pertama 2012 ini, pangsa pasar Honda di segmen skutik melonjak menjadi 61,6 persen dari hanya 53,8 persen pangsa pasar pada periode yang sama tahun lalu.
Pada segmen Low AT dengan harga di bawah Rp12,5 juta, total penjualan skutik nasional mencapai 463.941 unit atau turun 15,3 perseb dibandingkan dengan periode Januari-Maret 2011 yang terjual sebanyak 547.914 unit.
Saat permintaan di segmen Low AT turun, pangsa pasar Honda justru meningkat tajam 24,4 persen dari hanya 43,4 persen pada triwulan pertama 2011 menjadi 67,7 persen pada periode yang sama tahun 2012. Di segmen ini, mengandalkan Honda BeAT, berhasil terjual 314.263 unit sementara tahun lalu hanya 237.631 unit.
Honda BeAT dikenal sebagai skutik yang hemat bahan bakar dengan ukuran desain body compact yang sesuai dengan profil tubuh rata-rata masyarakat Indonesia. Di segmen Low AT, Honda BeAT merupakan trendsetter skutik di kalangan remaja dengan mesin 110 cc.
Di segmen High AT yang dihuni oleh produk skutik dengan harga di atas Rp12,5 juta, total penjualan skutik nasional mencapai 590,162 unit atau naik 42 persen dibandingkan dengan periode Januari-Maret 2011 lalu yang hanya 414.414 unit. Honda juga mendominasi dengan pangsa pasar 56,9 persen setelah berhasil menjual 335,531 unit atau naik 19,6 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 280.505 unit.
Di segmen ini, AHM menawarkan beberapa model skutik untuk konsumen dengan beragam pilihan varian seperti Honda Vario Series, Honda Scoopy, Honda Spacy, dan Honda PCX.
Direktur Marketing AHM Margono Tanuwijaya menyatakan, keunggulan skutik Honda di setiap segmen skutik ini merupakan hasil dari upaya AHM dalam menjawab kebutuhan konsumen terhadap sepeda motor skutik. Selain itu, dukungan segenap jaringan main dealer Honda di setiap wilayah juga menjadi faktor penting dalam mengantarkan Honda menjadi raja motor skutik di Indonesia.
“Terima kasih kepada masyarakat yang telah memilih skutik Honda. Kami berkomitmen selalu mempersembahkan produk dan layanan terbaik agar Honda dapat selalu menemani masyarakat Indonesia dalam mewujudkan mimpi mereka,” ujar Margono Tanuwijaya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar